Solusi Nokia 1280 LCD Gelap (BackLight Solusion)

Dalam artikel ini saya akan memberikan sebuah Solusi Nokia 1280 LCD Gelap. Hmm hp jadul ya min? Iya tepat sekali, bisa dikatakan memang hp satu ini sudah terbilang jadul. Namun pada kenyataannya masih ada saja yang pake hp ini lo di daerah saya gan.

So, tidak ada salahnya dong ya saya berbagi sedikit solusi dari kerusakan yang sering terjadi pada hp nokia 1280 ini.

Kerusakan yang kerap kali saya temui dari hp nokia 1280 ini adalah seperti yang sudah tertulis di judul artikel ini, Nokia 1280 LCD Gelap. Mungkin memang kondisi lcd atau komponennya yang sudah terbilang tua kali ya gan.

Mengatasi Nokia 1280 LCD Gelap

Untuk mengatasi problem seperti ini setidaknya ada dua tindakan yang dapat kita lakukan.
  1. Cek jalur LCD nya
  2. Ganti LCD nya
Nah dalam pembahasan kali ini kita akan membahas keduanya, dan saya usahakan akan mudah untuk Anda pahami.

Solusi Nokia 1280 LCD Gelap (BackLight Solusion)

Mas hp saya kenapa ya, kok layarnya mati? Tapi kalau di telpon masih bisa masuk dan masih di jawab mas. Cuma layarnya mati, jadi nggak bisa lihat siapa yang telpon dan kalau ada sms juga nggak bisa baca. Penjelasan sang pemilik hp.

Baik pak coba saya lihat dulu ya pak. Oh iya mas.

Langsung deh saya bawa masuk ke meja service.

Tahap Pertama

Coba saya hidupkan dan dekatkan ke cahaya lampu yang ada di meja service. Ternyata hp ini masih hidup hanya saja lampu lcd nokia 1280 mati.

Langsung saja saya bongkar kesingnya dan saya angkat mesinnya. Kemudian coba saya bersihkan papan pcb beserta komponen yang menempel menggunakan tiner dan sikat gigi.

Coba saya hidupkan kembali dan ternyata masih saja gelap lcd nya.

Saya ukur-ukur jalurnya kok ada yang putus. Kemudian coba saya jumper jalur lcd nokia 1280 yang putus. Eh layarnya hidup, nggak jadi ganti lcd deh.

Untuk yang mau tau jalur jumpernya bisa lihat di bawah ini.

Solusi Nokia 1280 LCD Gelap (BackLight Solusion)

Tahap Kedua

Sebenarnya tahap ini adalah tahap cadangan ketika tahap ke satu tadi tidak berhasil. Namun saya berhasil mengatasi layar lcd nokia 1280 gelap ini menggunakan tahap pertama tadi.

Nah untuk Anda yang belum berhasil menggunakan tahap pertama, bisa coba menggunakan tahap kedua ini.

Tahap keduanya adalah dengan mengganti LCD pada hp itu sendiri. Biasanya memang umur lcdnya sudah usang dan memang sudah waktunya di ganti.

Baca Juga:
Baiklah sepertinya sampai di sini saja pembahasan tentang Nokia 1280 LCD Gelap. Mudah-mudahan ada manfaat yang dapat Anda ambil di artikel ini.

Komentar