Mengatasi Samsung SM-G130 Galaxy Young 2 Touchscreen Tidak Fungsi

Samsung SM-G130 Galaxy Young 2 Touchscreen Tidak Fungsi - Kita lanjutkan sharing hari ini dengan suguhan sebuah hp dari Samsung type lawas ya gan. Nah problem kali ini terletak pada layar sentuh samsung sm-g130 tidak berfungsi.

Sebelum lebih dalam melakukan ukur dan ukur hambatan, sebelumnya saya sudah coba dengan melakukan pergantian touchscreen. Namun apa yang terjadi? Hasilnya nihil mas bro!

Sempat saya pikir ini touchscreen saya yang bermasalah atau buruk. Lanjut ganti dengan ts cadangan, ternyata hasilnya juga masih sama saja. Hemm harus ekstra sabar dan lebih teliti lagi ini mah.

Mengatasi Samsung SM-G130 Galaxy Young 2 Touchscreen Tidak Fungsi

Nah sebelum lanjut ke artikel ini, saya sarankan agan untuk membaca Cara Mengatasi Samsung SM-G130H (Young 2) No Light Display.

Mari kita tuntaskan problem kita kali ini.

Mengatasi Samsung SM-G130 Galaxy Young 2 Touchscreen Tidak Fungsi

Simak dengan seksama segala yang dituliskan dibawah ini ya aganku yang terhormat.

Kerusakan:
  • Touchscreen tidak berfungsi.

Analisa:
  • Seperti yang saya katakan diatas, sudah gonta-ganti TS hasil tetap sama.
  • Kemudian sudah gonta-ganti LCD hasil tetap sama.
  • HP ex-water damage.
  • Lanjut dicoba bypass dari jalur yang mengeluarkan tegangan yang sama, tetap tidak berhasil.
  • Coba komper dari HP normal, dugaan awal, saya mengira bahwa bekas korosi berasal dari jalur handfree ternyata keliru.
  • Beberapa komponen tersebut ternyata merupakan jalur VTOUCH_3V.
  • Lanjut dengan cara jumper dari jalur yang korosi (sudah hilang komponennya) ke jalur VTOUCH konektor LCD.
  • Sukses.
Proses jumper jalur VTOUCH_3V
Perbandingan dengan mesin normal
Hasil akhir (SUKSES)

Akhirnya sukses juga gan, intinya jadi nota. Sekian artikel dari saya kali ini, semoga dapat membantu para agan yang membutuhkan tutorial seperti ini ya.

Komentar