Panduan Lengkap Cara Ngeflash HP Sendiri Semua Merk

Panduan Lengkap Cara Ngeflash HP Sendiri Semua Merk - Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah flash hp, terlebih jika kamu memang seorang pengguna smartphone yang hobinya mengutak-atik sebuah system hp seperti rooting, pasang twrp, pasang custom ROM dan lain sebagainya.

Tidak hanya sampai disitu, pertanyaan tentang cara ngeflash hp biasanya juga banyak dicari oleh orang-orang pengguna hp yang pelupa. Seperti misalnya lupa pola, lupa pin dan lupa-lupa dengan yang lain.

Sebenarnya ada banyak faktor tentang mengapa kamu melakukan flash hp, nah beberapa faktor umumnya adalah sebagai berikut ini.
  1. Cara Flash HP Bootloop (Stuck di Logo)
  2. Hp Mulai Lemot
  3. Hp Memori Penuh
  4. Lupa Pola
  5. Lupa Pin
  6. Memang pengen Flash hp untuk mengembalikan ke ROM awal
  7. Update atau Downgrade versi ROM

Diatas adalah beberapa problem yang paling sering terjadi sehingga pemilik hp harus melakukan flashing hp miliknya.

Lalu apa itu Flash HP?

Pertanyaan seperti diatas juga tak jarang muncul dibenak seseorang khususnya seorang pemula atau orang yang benar-benar awam dengan dunia smartphone.

Nah disini saya sengaja untuk mencoba menjabarkan sesingkat dan sejelas mungkin tentang pengertian flash hp kepada kamu semua yang hingga saat ini masih kebingungan dengan istilah ini.

Flashing HP Adalah, sebuah tindakan yang dilakukan oleh seorang pemilik ponsel atau teknisi untuk memperbarui kembali sebuah system pada sebuah hp sehingga akan lebih fress. Jadi singkatnya jika hp kamu mengalami bootloop atau lupa pola itu bisa dikatakan sebagai kesalahan pada system hp itu sendiri.

Sehingga kamu mau tidak mau harus melakukan perbaikan system dengan cara menginstallkan system baru yang belum mengalami kesalahan system ke hp tersebut. Intinya system dalam ponsel kamu akan kembali seperti baru saat awal kamu membeli hp tersebut.

Tidak ada aplikasi yang di install sendiri, tidak ada file-file di internal, tidak ada kontak, jadi seperti baru. Semua serba bawaan dari pabrik, entah itu aplikasi atau file-file yang sudah ada di Internal memori.

Sampai disini bagaimana? Apakah kamu sudah cukup pintar untuk mencerna apa yang sudah jelaskan diatas? Saya yakin kamu sudah dapat menangkapnya dengan baik ya.

Jika begitu mari kita lanjutkan artikel ini.

Cara Flash HP Sendiri dengan Mudah

Setidaknya ada dua metode yang dapat kamu lakukan untuk melakukan flash hp. Mulai dari flash hp via tanpa pc dan juga cara flash hp via pc atau laptop.

Kedua cara diatas sebenarnya bisa dibilang hampir mirip tapi berbeda.

Miripnya sama-sama melakukan flash untuk mengganti system rom ke yang lebih fress.

Bedanya jika flash tanpa pc kamu hanya membutuhkan sebuah firmware saja, sedangkan jika menggunakan pc kamu membutuhkan beberapa tool tambahan seperti odin untuk flash hp samsung, usb driver dan tentunya juga firmware hp itu sendiri.

Lalu adakah manfaat dan kerugian setelah melakukan flash hp?

Tentu saja ada, dan berikut adalah uraianya.

Keuntungan Flash HP

1. Memperbaiki Error Pada System
Seperti yang sudah sedikit saya singgung diatas, melakukan flashing pada sebuah hp memang ditujukan untuk memperbaiki system yang error. Seperti misalnya hp hank, stuck di logo saat dihidupkan, aplikasi terhenti dan error lainnya. Dengan melakukan flashing maka problem seperti itu dapat kamu atasi.

Sebab dengan melakukan flashing maka system yang ada di hp kamu akan diganti dengan sebuah system yang baru dan pastinya bebas dari error itu sendiri.

2. Perangkat HP akan Kembali Normal
Flashing adalah penginstallan sebuah system baru yang akan ditanam pada hp tersebut. Sehingga semua fungsi seperti pola, pin dan error akan tereset ke pengetaruan awal. Hp akan normal kembali seperti saat pertama kamu membelinya.

Semua akan di reset ke dalam keadaan senormal mungkin. Sehingga yang awalnya kamu sudah membuat pin atau pola kamu harus membuatnya ulang. Aplikasi-aplikasi yang kamu sudah install akan hilang, kontak hilang, semua serba kemebali kepengaturan pabrik.

Kerugian Setelah Flashing Jika ada Kesalahan

Semua hal pasti akan ada yang namanya untung dan rugi. Tidak melulu tentang dalam bidang bisnis, untung dan rugi saya rasa akan hadir dalam setiap kegiatan yang akan kita lakukan. Dan berikut adalah kerugian yang akan kamu dapatkan jika kamu melakukan kesalahan flashing!

Ingat ini jika kamu melakukan kesalahan, jika mengikuti instruksinya dengan benar maka saya rasa tidak akan terjadi hal-hal dibawah ini.

1. Error System (Bootloop)
Hal ini sering kali terjadi karena seseorang saat melakukan flashing tidak memperhatikan kode type hp. Asal download firmware hp tanpa mencocokan dengan seri dan kode typenya. Terjadilah bootloop karena kesalahan system. Firmware yang seharusnya tidak dipakai untuk hp tersebut malah dipakai, ini kesalahan umum.

Sehingga setelah kamu membaca artikel ini saya menekankan untuk setiap pengunduhan firmware flash hp pastikan kamu selalu menyamakan dengan type hp kamu! Jangan asal comot saja. Lihat dibawah baterai atau di kotak hp. Akan ada penjelasan lengkap tentang type dan kode produk hp tersebut. Download fimrware yang memang untuk type hp tersebut.

Saya pikir hanya itu saja kerugian setelah flashing. Dan itupun jika kamu melakukan kesalahan, jika tidak saya rasa tidak akan terjadi problem kok.

Baiklah kita menuju ke metode cara ngeflash hp.

Sebelum benar-benar masuk ke pembahasan tentang flash hp, ada beberapa bahan yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu seperti berikut.

Persiapan Sebelum Flash HP

  1. Backup semua data-data penting kamu
  2. Backup firmware/rom android anda. Kamu bisa menggunakan software seperti CWM(Clock Work Mood) atau bisa juga dengan TWRP.
  3. Pastikan baterai android dalam kondisi penuh(full)
  4. Siapkan firmware/rom dari situs resminya agar nantinya tidak terjadi masalah/error (pilih yang sesuai dengan tipe smartphone-mu)
  5. Siapkan Driver yang sesuai dengan androidmu
  6. Siapkan software flashing. Setiap ponsel mungkin berbeda softwarenya. Beberapa software yang sering digunakan adalah: odin, flashtool, research download.

Cara Flash HP dengan PC

Seperti yang sudah saya singgung diatas, melakukan flashing menggunakan PC membutuhkan tool pendukung flashing. Seperti Odin untuk Samsung, Miflash untuk Xiaomi dan lain-lain.

Namun dalam artikel ini saya hanya akan sedikit menjabarkan tentang flashing menggunakan 3 tool saja.

Penting! Selalu cari tau terlebih dahulu tool yang cocok untuk flash hp kamu via pc. Bisa cari di google ya.

Panduan Lengkap Cara Ngeflash HP Sendiri Semua Merk

1. Flashing dengan aplikasi Odin

  1. Aplikasi odin ini umumnya dikhususkan buat hp android dengan vendor semacam samsung. Jadi bila kamu memiliki hp samsung serta mau melaksanakan flashing, aku rasa kamu dapat memakai aplikasi odin ini.
  2. Persiapkan seluruh peralatan flash yang telah aku paparkan di atas. Semacam Firmware, Driver serta Aplikasi Odin.
  3. Ekstrak seluruh file yang sudah di siapkan tadi, serta jangan kurang ingat silahkan kamu install Driver serta aplikasi Odin ya.
  4. Disisi lain, silahkan kamu matikan hp kamu serta lepaskan baterainya.
  5. Silahkan masuk ke" Mode Download" pada android. Dengan metode tekan volume down+home+power secara bertepatan.( tiap ponsel berbeda metode).
  6. Buka aplikasi Odin di komputer kamu. Sehabis itu hubungkan android dengan komputer memakai kabel USB
  7. Bila aplikasi Odin telah terbuka, silahkan perhatikan pada ID: COM yang berarti android telah terhubung
  8. Pada" Option" centang pada" Auto Reboot"," Nand Erase All",dan " F. Reset Time"
  9. Setelah itu perhatikan pada menu" File Download" pada layer sebelahnya
  10. Klik tulisan" AP" kemudian masukkan firmware yang telah kamu ekstrak sebelumnya
  11. Terus klik tombol" Start"
  12. Tunggu hingga proses berakhir. Apabila telah berakhir hingga hendak terdapat tulisan" PASS!" yang menunjukkan proses flashing sudah berakhir.
  13. Done
Untuk contohnya kamu bisa lihat artikel saya tentang Cara Flash HP Samsung Semua Tipe Via PC dan Tanpa PC (Work).

2. Metode Flashing Via Aplikasi FlashTool


  1. Ekstrak seluruh file semacam firmware, driver, aplikasi spflashtool
  2. Install driver, serta aplikasi spflashtool
  3. Buka softwarenya
  4. Sehabis aplikasi spflashtool terbuka, klik pada tab" Download" serta dilanjutkan klik" scatter loading" serta can file firmware yang sudah di ekstrak tadi.
  5. Kemudian klik" Download"
  6. Matikkan hp serta sambungkan ke komputer dengan usb, sembari menekan Volume atas / Bawah + Tombol Power tiap ponsel berbeda, jadi silahkan cad yang work buat jenis ponsel kamu.
  7. Tunggu sampai proses berakhir. Proses flashing hendak diisyarati dengan pergerakan corak kuning pada zona dasar. Serta hendak berakhir apabila terdapat icon bercorak hijau dengan tulisan" OK"
  8. Copot android dari komputer serta silahkan hidupkan android kamu. Apabila berjalan wajar hingga maksudnya proses flashing sudah sukses.
Sebagai contoh silahkan kamu baca Cara Flash Oppo A39 via SP Flashtool 100% Berhasil.


3. Cara Flashing Dengan Software Research Download

  1. Ekstrak semua file yang diperlukan firmware, driver, software research download dll
  2. Install driver dan software research downloadnya
  3. Buka software research download
  4. Klik pada icon seperti gear/roda bergerigi
  5. Pilih firmware yang telah anda ekstrak dan klik open
  6. Setelah file berhasil di load. Maka silahkan anda pilih start downloading yang ditandai dengan icon "play"
  7. Matikan ponsel anda, lepaskan baterainya. Lalu tekan volumeup dan volumedown bersamaan (setiap ponsel berbeda cara)
  8. Sambungkan ponsel dengan pc
  9. Tunggu sampai proses selesai, yang akan ditandai dengan tulisan "Passed".
  10. Sebelum mencabut android dari pc pastikan anda meng-klik icon "stop"
  11. Selesai
Sebagai contoh silahkan kamu baca Tutorial Flash Advan S4P Via Research Download.

PENTING! Setelah proses flashing selesai menggunakan metode apapun menggunakan aplikasi apapun maka proses booting smartphone saat pertama kali akan terasa lebih lama. Silahkan tunggu saja, jangan matikan ponsel.

Cara Flash HP Tanpa PC

Jika diatas kita sudah membahas tentang bagaimana cara ngeflash hp via pc, maka yang ini adalah tentang cara bagaimana cara flash hp tanpa pc.

Peraturan untuk melakukan metode ini juga masih sama. Silahkan backup terlebih dahulu data penting kamu kemudian cari firmware yang sesuai dengan type hp kamu. Dan pastikan juga sisa baterai pada hp masih setidaknya adalah 60%.

Mari menuju ke tutorialnya.
  1. Siapkan firmware setimpal dengan jenis serta tipe smartphone kamu. Kemudian pindahkan file firmware tersebut ke kartu sd.
  2. Masuk ke fitur menu" Recovery Mode"( tiap ponsel berbeda metode, silahkan cari)
  3. Pakai tombol power buat select/ action, volume up buat menu navigasi ke atas, volume down buat menu navigasi ke dasar.
  4. Sehabis masuk ke recovery fashion silahkan seleksi" Apply pembaharuan from external storage"( digunakan buat memilah firmware di kartu sd)
  5. Seleksi firmware yang sudah kamu simpan di kartu sd
  6. Klik satu kali pada file firmware tersebut
  7. Berikutnya seleksi" Reboot system now"
  8. Done
Demikianlah sedikit artikel tentang Panduan Lengkap Cara Ngeflash HP Sendiri Semua Merk. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kamu semua ya. Salam

Komentar