Cara Flash HP Samsung Semua Tipe Via PC dan Tanpa PC (Work)

Cara Flash HP Samsung Semua Type - Siapa tak kenal dengan Smartphone asal Korea (Samsung). Saya rasa hampir semua orang baik yang muda sampai yang tua sekalipun mengenal siapa itu samsung.

Samsung sendiri saat ini merupakan sebuah perusahan Smartphone yang memegang urutan ke 3 sebagai smartphone paling diminati di seluruh dunia.

Diurutan kedua ditempati oleh Huawei yang secara mengejutkan berhasil menggeser Apple dikancah dunia.

Namun tentu saja di artikel ini kita tidak akan membahas persaingan antara ketiga Smartphone ini. Yang akan kita bahas diartikel ini adalah cara flash hp samsung semua type lewat pc dan tanpa pc.

Tidak dapat dipungkiri memang bahwa smartphone secanggih apapun akan mengalami problem pada software. Entah itu disebabkan karena memang kesalahan system atau bahkan kesalahan dari penggunanya itu sendiri.

Seperti lupa pola misalnya. Hal ini memang sangat kerap terjadi pada hampir seluruh pengguna smartphone.

Dan untuk mengatasi masalah seperti samsung bootloop, lupa pola, lupa pin, biasanya kita membutuhkan tindakan yang dinamakan flashing.

Untuk itulah artikel ini saya buat. Namun sebelum lanjut, saya ingin memberi tau beberapa manfaat yang akan di dapat setelah flash hp samsung ini.
  1. Mengembalikan handphone ke dalam keadaan seperti semula saat awal dibeli.
  2. Menghilangkan problem pada software seperti (restart sendiri, sering mancet/lag)
  3. Menghemat pengeluaran.
  4. Menambah pengalaman servis handphone.
  5. Dan masih banyak lagi pastinya.
Oke kita masuk ke inti dari artikel ini.

Cara Flash Hp Samsung Termudah

Ada beberapa metode untuk melakukan flash hp samsung. Yang pertama adalah menggunakan pc atau laptop melalui bantuan aplikasi seperti odin. Dan juga tanpa pc.

Namun sebelum masuk ke tahapan flashing hp samsung ini ada beberapa metode dan bahan yang harus agan persiapkan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Tahap Persiapan dan Bahan yang Dibutuhkan:

  1. Silahkan agan backup file yang ada dalam handphone ke pc atau SD Card, agan bisa membackup file menggunakan software Kies.
  2. Kemudian persiapkan handphone samsung yang akan di flash, dengan kondisi baterai minimal 30%.
  3. Kabel data, usahakan yang original atau minimal yang masih dapat digunakan dengan baik
  4. PC/Laptop.
  5. Samsung USB Driver
  6. Firmware Samsung sesuai dengan tipe handphone samsung milik agan di Sammobile.com atau samsung-firmware.org.
  7. Software flash via pc, rekomendasikan dari saya adalah software Odin.
Setelah semua bahan diatas sudah agan persiapkan maka tahap selanjutnya adalah masuk ketahapan cara flash hp samsung. Silahkan simak artikel berikut.

Cara Flash HP Samsung Tanpa PC

  • Backup file penting dalam memori telepon terlebih dahulu.
  • Simpan firmware/custom rom hasil download ke kartu memori/SD card. Simpan di direktori awal atau tidak usah dimasukkan ke folder manapun. Ingat, firmware yang dimasukkan masih dalam bentuk .Zip atau .Rar. Atau tidak usah di esktrak.
  • Masukkan kartu memori ke slot di handphone samsung agan kemudian nyalakan handphone ke dalam mode recovery dengan menekan tombol Power + Volume Bawah + Home secara bersamaan.
  • Masuk ke menu Wipe data/factory reset, kemudian pilih yes. Tunggu proses factory reset selesai. Ini digunakan untuk mengembalikan smartphone ke pengaturan awal.
  • Setelah itu kembali ke menu awal dan pilih Instal zip from sd card, cari dan pilih file firmware di sd card anda yang sebelumnya telah disimpan.
  • Klik yes, dan tunggu proses flashing selesai. Jika sudah selesai maka handphone samsung anda akan reboot/restart dengan sendirinya.
  • Selamat, proses flashing handphone tanpa pc berhasil anda lakukan.

Cara Flash Hp Samsung Menggunakan Software Odin

  • Instal Samsung USB driver yang sudah di download tadi di komputer anda. Langkah ini berfungsi agar smartphone samsung terdeteksi di komputer anda. Namun ada beberapa komputer yang langsung bisa mendeteksi tanpa menginstal software USB Driver.
  • Instal software Odin di komputer anda, kemudian buka software tersebut. Seperti inilah tampilan software odin terbaru
  • Matikan smartphone samsung anda kemudian nyalakan kembali dengan menahan tombol Power + Home + Volume Bawah secara bersamaan. Cara ini digunakan untuk masuk ke mode download firmware handphone samsung anda.
  • Setelah masuk mode download maka lepaskan tombol tadi kemudian jangan tekan tombol apapun.
  • Tancapkan handphone anda ke komputer menggunakan kabel data, tunggu sampai terdeteksi di layar desktop.
  • Tekan Volume Atas, jika terdeteksi odin maka akan ada notifikasi. Jangan hiraukan notifikasi tersebut dan lanjutkan saja dengan memilih pilihan terisi otomatis.
  • Jika belum terhubung mungkin kesalahan ada pada kabel data sobat, namun jika sudah terhubung maka cari firmware yang sudah anda download tadi dan masukkan pada odin.
  • Biasanya file firmware yang terdownload berbentuk rar atau zip, ekstrak dulu file tersebut. Nanti ada file yang ber ekstensi MD5, file dengan ekstensi itulah yang akan ditanamkan pada smartphone samsung anda.
  • Kembali ke software Odin dan pastikan enable ceklist pada pilihan Auto Reboot, F. Reset Time. Kemudian masukkan firmware hasil download an anda dengan mengklik AP kemudian cari file beresktensi Tar.MD5. Jika sudah ketemu kemudian pilih Ok dan Start.
  • Proses flash akan berlangsung. Tunggu proses flash sampai selesai dan handphone samsung anda akan reboot/restart otomatis.
  • Selesai, handphone samsung anda sudah di flash. Itulah tutorial flash hp samsung semua tipe melalui pc.

Dan itulah artikel yang dapat saya berikan pada kesempatan kali ini. Semoga ada manfaat yang dapat agan ambil ya.

Komentar