Cara Hapus File Sampah di Komputer / Laptop tanpa Software Termudah

Hapus File Sampah di Komputer / Laptop tanpa Software - Halo agan-aganku semua, bagimana kabar agan-agan semua? Semoga selalu sehat dan dilancarkan rezekinya ya gan, amin. Pembahasan kita kali ini akan berhubungan dengan sampah. Namun pastinya bukan sampah sejenis plastik yang sering kita jumpai ya, melainkan sampah yang ada di pc atau laptop kita.

Loh emang ada ya sampah di laptop atau pc? Debu kah? Tentu bukan gan!

Sampah di pc atau laptop disini biasanya berbentuk sebuah file yang sebenarnya sudah tidak dibutuhkan oleh kita. Mereka akan menumpuk seiring berjalannya waktu. Nah hal ini lah yang terkadang membuat perangkat komputer kita menjadi lemot seperti tanpa sebab.

Cara Hapus File Sampah di Komputer / Laptop tanpa Software Termudah

File sampah atau junk files yang ada di PC atau Laptop ini memang sebenarnya terbuat secara otomatis saat agan sedang mengerjakan sesuatu seperti membuat dokumen, membuat desain grafis, mendengarkan musik, menonton video, browsing dan lain sebagainya.

Benar, file ini terbuat secara otomatis tanpa sepengetahuan agan! Untuk itu kita memang harus rajin-rajin membersihkan file junk ini untuk menghindarkan komputer kita dari yang namanya lemot. Sudah laptop cuma RAM 2gb seperti punya saya, banyak file sampahnya, yaudah alamat lemot tak tertolong.

Jika kita tilik memang banyak sekali software yang dapat kita gunakan untuk membersihkan komputer kita dari yang namanya file sampah ini. Namun biasanya software ini justru akan menambah beban komputer kita saat di Install.

Niat hati ingin membersihkan file sampah supaya komputer atau laptop tidak lemot, eh malah tambah lemot karena ketambahan beban. Nah untuk itulah disini saya akan sedikit memberikan sebuah solusi bagi agan yang hendak ingin membersihkan sampah komputer atau laptop tanpa software tambahan.

Cara Hapus File Sampah di Komputer / Laptop tanpa Software Termudah

Sedikit bercerita boleh ya gan sebelum kita mesuk ke inti dari pembahasan kita kali ini.

Jadi ceritanya saya ini kan seorang teknisi yang kerjaannya memang tak jauh dari hardware ponsel dan software ponsel. Sedang untuk software ini kebanyakan memang sudah pasti kita akan berurusan dengan yang namanya flashing.

Flashing menggunakan sebuah laptop tua dengan kapasitas RAM yang hanya 2 GB ini memang pada awal tidak ada kendala sama sekali. Namun seiring bertambahnya waktu, laptop saya memang terasa sedikit lemot.

Alhasil saya melakukan browsing dengan kata kunci software untuk membersihkan sampah dilaptop. Nah ketemu lah software rekomendasi dari google. Saya coba deh itu salah satu software, install di laptop saya.

Eh coook, laptop saya malah makin lemot.

Oke saya hapus lagi softwarenya.

Ganti dengan kata kunci lain untuk membersihkan sampah laptop tanpa software.

Oke ketemu salah satu artikel dari blog https://www.foldertips.com/. Tanpa pikir panjang saya ikuti tutorialnya. Alhasil memang benar, laptop saya sedikit lebih lega rasanya.

Kemudian karena memang saya rasa tips ini bermanfaat untuk diri saya pribadi. Alhasil saya juga ingin berbagi dong dengan agan-agan semua yang ada di rickyflash ini.

Dan berikut ini adalah caranya gan.

Menghapus File Sampah via Temp di Laptop atau Komputer

Oke hal yang pertama harus agan lakukan adalah langsung mengakses folder Temp degan cara sebagai berikut

Silahkan agan tekan tombol Windows + R untuk menjalankan Run. Nah akan muncul sebuah kotak perintah, pada kotak dialog itu, silahkan agan ketikkan %temp% kemudian Enter.


Dengan begitu agan akan langsung diarahkan ke folder Temp, silahkan agan hapus semua folder atau file yang ada di folder tersebut. Dengan cara klik Ctrl + A, kemudian hapus.


Kemudian silahkan agan tunggu proses penghapusan hingga selesai.

Nah jika ada file yang tidak bisa dihapus, centang “Do this for all current items” kemudian klik tombol Skip.

Done.

Demikianlah sedikit pembahasan saya tentang Cara Hapus File Sampah di Komputer / Laptop tanpa Software Termudah. Semoga bermanfaat ya gan.

Komentar