TERLENGKAP! Cara Cek Kuota Indosat, Telkomsel, dan XL

Tidak sedikit memang orang yang sering bergonta-ganti sim card dengan berbagai alasan. Entah itu dengan alasan paket Internet operator A lebih murah dibandang operator B. Setelah ganti ke operator A ternyata ketemu ni operator C lebih murah akhirnya ganti lagi, begitu seterusnya.

Dan ketika berganti kartu lain provider tentunya untuk cara cek pulsa dan kuota juga berbeda. Untuk itulah artikel ini saya buat untuk agan-agan semua yang memang sedang bingung atau mencari cara cek kuota baik untuk Indosat, Telkomsel dan juga XL.

Sebenarnya untuk cara ini sudah pasti tertera dalam kotak kartu perdana dari masing-masing operator. Baik itu untuk cek pulsa ataupun kuota. Dan sayangnya, tidak sedikit diantara kita setelah membeli kartu dan memasangnya di hp, kotak kartu langsung dibuang atau hilang kemana (lupa naroknya). Dan itu juga terjadi pada diri saya sendiri hehehe.

Oke tanpa basa-basi lagi gan, langsung saja simak artikel berikut ini Cara Cek Kuota Indosat, Telkomsel, dan XL.

Cara Cek Kuota Berbagai Operator (Indosat, Telkomsel, XL, Axis dan Tri)

Baiklah silahkan agan simak saja artikel berikut ini ya gan.

Cara Cek Kuota Indosat


1. Melalui Dial Phone 

Cara cek kuota Indosat yang pertama agan bisa dengan melalui dial phone. Cara pertama ini sangat mudah dan cepat kok gan, jika tidak sedang terjadi error atau gangguan.Nah untuk langkah-langkahnya agan bisa ikuti sebagai berikut ini :
  • Pertama-tama buka menu dial phone agan kemudian silahkan ketik *363# lalu tekan call/panggil
  • Nah pada menu yang tersedia, silahkan agan pilih menu nomor 2 yaitu Internet/Nelp/SMS/BB kemudian silahkan tekan call/panggil
  • Lalu pilih menu nomor 8 status & info lalu tekan call/panggil
  • Selanjutnya pilih menu nomor 1 Cek Kuota tekan call/panggil
  • Pilih menu nomor 1 lagi Paket Internet tekan call/panggil
  • Jika tidak gangguan, agan akan mendapatkan notifikasi dari nomor 363 mengenai informasi seputar kuota internet Indosat yang sedang agan gunakan.

2. Melalui SMS

Oke kita masu ke cara yang kedua yakni, cara cek kuota Indosat melalui layanan pesan singkat atau SMS. Untuk cara ini juga sama mudah dan cepatnya dengan dial phone. Silahkan agan simak dengan baik, berikut langkah-langkahnya:
  • Langkah pertama, buka layanan pesan atau SMS agan
  • Ketik Usage lalu kirim ke 363
  • Selanjutnya agan hanya tinggal menunggu SMS balasan dari operator Indosat di nomor yang sama. Biasanya jika tidak sedang gangguan, agan akan mendapatkan SMS balasan berisi informasi seputar sisa kuota hanya dalam waktu beberapa detik saja.

3. Melalui Aplikasi MyIM3

Oke kita masuk ke cara yang ketiga ya gan, yakni menggunakan aplikasi resemi dari Indosat MyIM3. Agan bisa unduh aplikasinya secara gratis di google playstore untuk pengguna Android atau Appstore untuk agan yang menggunakan IOS. Atau agan bisa mengunduh aplikasinya melalui link dibawah ini ya.


Jika agan sudah mendownload aplikasinya, silahkan agan buka aplikasi tersebut dan lakukan registrasi dengan nomor ponsel yang agan gunakan.

Baca Juga:


Cara Cek Kota Telkomsel


1. Cek Kuota Telkomsel dengan Dial UMB

Cara cek kuota Telkomsel yang pertama yaitu bisa melalui dial USSD di hape agan. Cara ini adalah cara paling umum yang sering digunakan untuk mengetahui informasi apapun seputar paket kartu perdana yang agan gunakan, termasuk juga untuk mengecek kuota internet. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa agan lakukan saat mengecek kuota Telkomsel melalui dial :

  • Pertama-tama, dial *888# lalu tekan call/ panggil
  • Setelah akan muncul beberapa menu. Untuk mengecek kuota, pilih menu Cek Pulsa & Kuota lalu klik OK
  • Akan muncul beberapa menu lagi. Pilih menu cek kuota internet lalu klik OK
  • Nanti akan muncul informasi pada dialog box bahwa permintaan agan sedang diproses
  • Setelah berhasil diproses akan muncul informasi melalui SMS dari operator Telkomsel dengan nomor 3636. Semua informasi mengenai paket yang sedang agan gunakan, sisa kuota, dan masa berlaku paket, informasinya ada semua.

2. Cek Kuota Telkomsel Melalui SMS

Cara cek kuota Telkomsel yang kedua bisa dilakukan melalui melalui SMS. Layanan cek pulsa melalui SMS ini tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Caranya yaitu cukup dengan kirim SMS dengan format:
UL(spasi)INFO lalu kirim ke nomor 3636
Atau
Flash(spasi)infov2 lalu kirim ke nomor 3636
Setelah tunggu sampai ada balasan dari operator Telkomsel di nomor 3636. Jika permintaan berhasil, akan muncul semua informasi tentang jenis paket yang sedang digunakan, sisa kuota, dan masa berlaku paket.

3. Cek Kuota Telkomsel dengan Aplikasi My Telkomsel

Oke menurut saya ini adalah cara paling mudah setelah cara yang kedua. Agan bisa cek kuota telkomsel melalui aplikasi resmi dari telkomsel (My Telkomsel) yang dapat unduh gratis di play store. Atau agan dapat mengunduhnya melalui link dibawah ini.


Cara Cek Kuota XL


1. Cek Kuota dengan Dial Phone

Cara cek kuota XL yang pertama bisa dilakukan melalui dial phone. Cara ini sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama, bahkan hanya kurang dari semenit. Langkah-langkahnya yaitu :

  • Pertama-tama, buka dial phone di hape agan lalu ketik *123# kemudian tekan call/panggil
  • Selanjutnya akan muncul tampilan menu yang berisi jenis informasi yang ingin diketahui. Pilih menu nomor 3 Internet dengan cara mengetik angka 3 di kolom dialog box lalu tekan send/kirim
  • Pada menu selanjutnya yang muncul, pilih menu nomor 5 cek kuota dengan cara mengetik angka 3 pada dialog box kemudian tekan send/kirim
  • Selanjutnya pilih menu nomor 2 cek kuota lalu tekan send/kirim
  • Jika permintaan berhasil diproses, informasi mengenai sisa kuota XL akan muncul melalui SMS dari nomor operator XL yaitu 123
  • Atau juga bisa menggunakan dial UMB cek kuota xl cepat *123*3*5*2# Atau Ketik *123*7*1# pilih Cek Kuota

2. Cek Kuota dengan SMS

Cara cek kuota XL kedua yaitu dengan mengirimkan SMS. Cara ini juga terbilang sangat mudah dan cepat. Selain itu, cara ini tidak dikenakan biaya atau gratis sehingga menjadi pilihan cara cek kuota yang paling diminati selain melalui dial phone.
  • Untuk caranya sangat mudah yaitu cukup dengan mengetik SMS dengan Format KUOTA lalu kirim ke 868
  • Tunggu hingga permintaan agan berhasil diproses, selanjutnya agan akan mendapatkan SMS balasan dari nomor 868 mengenai sisa kuota internet XL yang agan gunakan.
Demikianlah artikel dari RickyFlash tentang TERLENGKAP! Cara Cek Kuota Indosat, Telkomsel, dan XL. Semoga ada manfaat yang dapat agan ambil ya.

Komentar