Cara Hard Reset dan Factory Reset Samsung Galaxy J2 Prime

Hard Reset Samsung J2 Prime - Hari ini rickyflash akan kembali menyajikan konten yang berhubungan dengan reset smartphone ke pengaturan pabrik. Baik itu melalui hard reset ataupun melalui Factory Reset. Dan dipembahasan kali ini type smartphone yang akan kita bahas adalah sebuah brand yang sudah sangat terkenal yakni Samsung J2 Prime dari pabrikan Samsung.

Samsung Galaxy J2 Prime sendiri merupakan seri atau type smartphone Samsung yang paling banyak diminati oleh user di Indonesia. Selain harganya murah dan terjangkau untuk kalngan menengah kebawah, hp ini juga telah dilengkapi dengan spesifikasi yang bisa dibilang cukup mumpuni.

Jika dilihat hardwarenya, Samsung Galaxy J2 Prime ini telah ditenagai dengan chipset MediaTek MT6737T Quad-core yang memiliki kecepatan 1,4 GHz, GPU Mali-T720MP2, RAM 1,5 GB, dan juga ruang penyimpanan internal memori sebesar 8 GB yang masih bisa ditambahkan dengan microSD.


Tidak hanya itu, untuk ukuran layar yang dihidangkan juga memiliki ukuran yang cukup besar yakni 5 inch yang telah dilengkapi dengan resolusi 960 x 540 pixel dan berteknologi PLS TFT. Dengan kamera utama ( belakang ) yang memiliki kapasitas resolusi 8 megapixel apertue f/2.2, Autofokus, dan LED Flash membuat hasil gambar yang dihasilkan cukup mumpuni untuk sekedar disimpan di galery atau di upload ke social media.

Namun disini saya tidak akan membahas secara lengkap dan detail spesifikasi dari HandPhone yang satu ini. Sebab sesuai judul artikel kali ini, kita hanya akan membahas tutorial hard reset dan factory reset Samsung Galaxy J2 Prime saja.

Mengapa Harus di Hard Reset atau Factory Reset?

Mungkin akan ada pertanyaan seperti ini, untuk itu akan saya jawab secara singkat saja ya. Seseorang melakukan hard reset maupun factory reset pada handphone yang mereka gunakan biasanya ada kendala masalah software pada handphone sendiri.

BacaCara Hard Reset And Pattern Unlock Samsung Galaxy J8 Dual Camera

Entah itu karena untuk mengatasi hp lemot, sering hank, penyimpanan penuh, bootloop, ataupun lupa pola dan juga pin yang mereka buat sendiri. Sehingga dengan melakukan hard reset maupun factory reset yang diharapkan adalah hp akan kembali kesetelan pabrik dan juga akan kembali normal seperti sediakala.

Tutorial Cara Hard Reset Samsung Galaxy J2 Prime

Kita masuk ke cara hard reset j2 prime via recovery mode.

  1. Sebelum melakukan langkah hard reset alngkah baiknya agan memastikan bahwa sisa baterai di hp agan minimal adalah 40%
  2. Kemudian silahkan agan matikan hp agan
  3. Setelah hp agan benar-benar dalam keadaan off/ mati, silahkan agan tekan kombinasi Tombol Home + Volume Atas + Power
  4. Ketika HP sudah mulai menyala dan berada pada logo Samsung silahkan agan lepaskan Tombol Power namun tetap menekan tombol Home + Volume Up sampai agan masuk ke gambar logo Android
  5. Setelah itu agan akan dibawa ke menu recovery mode samsung galaxy j2 prime
  6. Pada saat berada di mode recovery maka silahkan agan tekan kembali tombol Volume Atas + Power hingga muncul menu pilihan
  7. Kemudian silahkan agan pilih Wipe data/factory reset dengan menekan tombol Volume dan mengonfirmasi dengan tombol Power
  8. Pilih Yes
  9. Tunggu hingga proses hard reset selesai
  10. Setelah selesai silahkan agan pilih lagi menu Reboot System Now, maka secara otomatis handphone akan restart
  11. Nah biasanya proses booting diawal ini akan memakan waktu yang cukup lama. Jadi tunggu saja sampai muncul tampilan awal pada j2 prime agan (jangan matikan paksa hp agan).
  12. Silahkan seting menu awal seperti saat pertama kali agan beli hp seperti, pengaturan tanggal dan lain sebagainya
  13. Selesai
Note! Jika kedua cara yang sayang berikan diartikel ini tidak dapat mengatasi problem agan. Saya anjurkan agan untuk membaca Cara Flash Samsung J2 Prime Via Odin WORK 100%

Cara Factory Reset Samsung Galaxy J2 Prime

  1. Sama seperti langkah diatas, Agan harus memastikan terlebih dahulu kondisi baterai dengan minimal 40% ke atas
  2. Selanjutnya, silahkan agan hidupkan Galaxy J2 Prime dan Agan bisa langsung membuka menu Pengaturan
  3. Nah pada halaman Pengaturan, silahkan agan pilih menu Buat cadangkan & setel ulang
  4. Kemudian agan pilih lagi menu Kembalikan setelah pabrik dan langsung pilih Setel ulang perangkat
  5. Ini yang terakhir, silahkan agan pilih menu Hapus Semua
  6. Sampai disini silahkan agan tunggu proses factory reset hingga selesai
  7. Setelah proses reset selesai maka Galaxy J2 Prime akan melakukan reboot atau restart secara otomatis
  8. Selesaikan menu pengaturan hp seperti saat pertama agan membeli hp, biasanya pengaturan seperti setelan tanggal dan lain hal sebagainya
  9. Selesai
Sampai disini proses hard reset dan factory reset sudah selesai dan hp agan akan kembali ke setelan pabrik seperti kondisi saat agan pertama kali beli.

Perlu diingat proses hard reset maupun factory reset ini akan menghapus semua data yang ada di Internal memori hp agan. Usahakan backup data penting yang jika memungkinkan.

Komentar