Flash Oppo Joy 3 A11W Via SP Flash Tool

Belum lama ini saya dapat kasus masuk sebuah hp oopo joy 3 dengan keadaan bootloop atau mentok logo. Nah di artikel ini saya kepikiran untuk berbagi tentang Cara Flash Oppo Joy 3 A11W Via SP Flash Tool.

Namun sebelum saya melanjutkan ke tutorial flashingnya, ada beberapa hal yang sepertinya harus saya jelaskan tentang kerusakan bootloop pada hp sery oppo ini. Sebab sering kali terjadi bootloop pada hp oppo tidak hanya di sebabkan oleh softwarenya saja, melainkan bisa juga ke hardwarenya (eMMc).

Untuk itulah saya akan sedikit berikan gambaran tentang oppo bootloop karena software dan juga oppo bootloop karena hardwarenya.

Flash Oppo Joy 3 A11W Via SP Flash Tool

Ciri-Ciri Oppo bootloop karena software

  1. Ketika hp dinyalakan masih ada efek bling-bling pada tulisan logo OPPO (semacam sinar berkelip yang berjalan mulai dari huruf O sampai dengan hufur O yang terakhir)
  2. Ciri kedua jika dilakukan hard reset sukses (artinya wipe data dan wipe cache completed)

Ciri-Ciri Oppo bootloop karena rusak EMMC

  1. Ketika HP dinyalakan tidak ada bling-bling pada tulisan OPPO
  2. Saat dilakukan hard reset akan proses wipe data dan cache failed
  3. Oppo yang getar panjang ketika dinyalakan (LCD tidak nyala)
Untuk itu silahkan Anda pahami dulu apakah oppo anda bootloop karena softwarenya atau karena hardwarenya. Jika sudah yakin karena softwarenya silahkan lakukan flashing, insyaallah done.

Namun jika Oppo bootloop kerana rusak EMMC , sudah bisa dipastikan 90% tidak akan sukses diperbaiki dengan cara flashing saja. Dan justru hp Oppo ini akan matot atau LCD blank dan getar panjang saat dinyalakan. Akan tetapi, jika bootloop karena software, sudah dapat dipastikan akan sukses diatasi dengan cara flashing. Dan problem ini berlaku untuk semua tipe atau model OPPO, termasuk OPPO Joy 3 A11W.

Karena hp Oppo Joy 3 yang saya pegang ini sudah dapat dipastikan kerusakan karena softwarenya, maka dari itu saya langsung saja selesaikan dengan cara flashing.

Dan berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan.

File dan tool yang dibutuhkan

  1. SP Flash Tool ,download dan ekstrak
  2. MTK driver , ekstrak kemudian install
  3. Firmware OPPO Joy 3 A11W tested , lalu ekstrak [ password : Gaspol-7* ]

Cara Flash Oppo Joy 3

  1. Buka SP Flash Tool, klik scatter-loading kemudian masukan file scatter yang ada di folder firmware OPPO Joy 3 yang sudah di ekstrak tadi
  2. Jangan centang preloader, kemudian klik Download di SP Flash tool.
  3. Konek HP ke PC dengan kabel USB, setelah konek baru pasang baterainya.
  4. Jika proses flash tidak berjalan dan justu OPPO Joy 3 jadi nyala ngecas (muncul indikator pengisian baterai), kita lakukan tanpa baterai. Caranya; konek HP ke PC sambil ditekan dan tahan volume bawah.
  5. Nah jika samapi disini muncul problem PMT Change, untuk mengatasinya Anda bisa baca artikel tentang cara mengatasi PMT change for the ROM. Atau Anda bisa langsung, melakukan firmware upgrade (berarti preloader ikut dicentang).
  6. Tunggu proses flashing hingga selesai, akan muncul notifikasi Download Ok.
  7. Done
Wah masih bingung ni saya gan. Oke untuk mempermudah atau memperjelas tutorial kali ini, saya sudah sediakan video yang saya jadikan panduan untuk proses flashing hp oopo joy 3 ini. Silahkan tonton videonya dibawah ini.


Saya mempelajari ini dari alltutorial.net.


Demikian artikel dari saya kali ini, semoga bermanfaat ya gan. Jika memang ada yang mau ditanyakan, silahkan bertanya di kolom komentar dibawah ini.

Komentar