Dampak Ketika Menghapus Data File Android Terhadap Aplikasi

Ketika saya sedang berjalan-jalan ke situs Google Hub, saya menemukan pertanyaan seperti ini, Apakah jika menghapus data Android di file bisa mempengaruhi aplikasi?

Dan seketika itu pula hati kecil saya ingin menjawab pertanyaan tersebut. Dan ahirnya saya putuskan untuk membuat sebuah artikel khusua untuk coba menjawab pertanyaan agan tersebut.

Ya, artikel kita saat ini sedikit berbeda dari biasanya. Namun saya pikir ini masih ada hubungannya kok sama perponselan. Dan saya pikir pula tidak ada salahnya bukan jika saya ingin membahas problem ini.

Dampak Ketika Menghapus Data File Android Terhadap Aplikasi

Oke kembali ke topik.

Apakah jika menghapus data Android di file bisa mempengaruhi aplikasi?


Sebenarnya untuk jawaban dari pertanyaan ini sedikit membingungkan. Mengapa membingungkan? Sebab saya sendiri belum tau maksudnya itu data atau file apa yang di hapus?

Apakah file foto, musik atau bahkan file dari aplikasi itu sendiri?

Jika file yang dihapus seperti foto dan musik jelas tidak akan ada pengaruhnya terhadap aplikasi.

Namun jika yang di hapus memang data file dari aplikasi ya jelas berpengaruh.

Namun setidaknya ada beberapa file yang jika dihapus akan berdampak besar berpengaruh terhadap suatu aplikasi di android.

File tersebut terletak pada folder Internal / Android / Obb.

Atau juga ada pada folder Internal / Android / Data.

Jika Anda menghapus data dari folder tersebut, maka besar kemungkinan akan berpengaruh terhadap aplikasi yang ada di ponsel Anda.

Sebab memang hampir semua data aplikasi tersimpan pada kedua folder tersebut.

Sehingga jika terhapus akan menjadikan file dari beberapa aplikasi mengalami korup atau file tidak lengkap dan secara otomatis, aplikasi tidak dapat di jalankan.

Namun jika menghapus file atau data di luar kedua folder diatas, saya rasa masih aman. Tidak ada pengaruhnya terhadap suatu aplikasi di android Anda.

Bagaimana apakah sudah jelas?

Saya harap artikel ini dapat Anda pahami dengan baik. Dan yang terpenting, semoga artikel ini dapat memberukan manfaat kepada Anda yang membacanya.

Jika memang ada yang belum jelas, silahkan Anda berikan komentar di bawah artikel ini.

Komentar