Xiaomi Redmi 6a Lambang Headset - Logo Headset

Beberapa menit yang lalu sebelum artikel ini terbit masuk sebuah service hp Xiaomi Redmi 6A Logo Headset. Hemm ketika pertama kali masuk sudah mikir ke arah IC Power / Audio si. Soalnya Hp jenis Redmi ini ringkih bener terhadap yang namanya colokan headset ataupun kabel jek salon aktiv.

Beberapa kasus seperti ini ditemukan dan penyebabnya ya memang kebanyakan hp habis dicolok kesalon menggunakan kabel audio jek. Ntah kenapa hp merek ini sangat ringkih dengan colokan jek audio.

Dan rata-rata kalau sudah seperti itu larinya langsung ke IC power. Pikir saya cukup berat juga kalau kesitu larinya. Resiko hp bisa jadi mati total.

Namun rasa penasaran ini sungguh bergejolak. Pikir saya kalau memang fix IC Powernya ya saya kembalikan saja. Tapi siapa tau ada kerusakan lain yang masih memungkinkan untuk dikerjakan tanpa resiko mati total itu hp.

Xiaomi Redmi 6a Logo Headset Tidak Mau Hilang

Langsung saja bawa masuk hp nya kemudian masuk ke meja service.

Ini kondisi awal masuk. Redmi 6A logo headset tidak masu hilang.


Bongkar kesing belakangnya kemudian coba saya bersihkan dengan tiner di bagian lubang headsetnya.

Dan apa hasilnya? Hasilnya nihil om.

Mulai coba ukur-ukur area lubang headset ini tadi. Nah ketemu ni dua buah komponen yang sepertinya dioda, saya curiga salah satunya short.

Dua komponen yang saya tujuk pinset pada gambar dibawah yang saya curigai short.


Kemudian coba saya cabut salah satu komponennya. Ternyata masih sama saja, logo headset masih muncul di hp redmi 6A ini.

Ah coba cabut yang satunya lagi.


Dan hasilnya jos..

Baca JugaJalur Jumper SIM Samsung TAB 3 (T211)

Logo headset pun menghilang dari permukaan layar hehehe.


Ahay, nota ni gan.

Artikel diatas hanyalah share pengalaman semata. Ingat, meskipun kerusakannya sama bisa jadi sumber dari kerusakan itu sendiri berbeda ya gan.

Komentar