Mengatasi Blackberry 9300 Dicas Muncul Tanda Pengisian Kemudian Baterai Silang

Mengatasi BB 9300 Dicas Baterai Silang - Alhamdulilah masih dapat menulis artikel di blog saya yang sederhana ini dengan niat yang kuat untuk saling berbagi kepada agan-aganku semua pengunjung blog RickyFlash ini.

Dapat problem sebuah hp BlackBerry 9300 masuk ke mejad service dengan keadaan setengah mati. Saat di cas muncul indikator lampu merah kemudian masuk sebentar dan langsung baterai silang. Saya rasa untuk beberapa tuser sudah tidak asing lagi dengan problem hp bb yang satu ini.

Pasalnya memang hampir mayoritas hp bb mengalami problem seperti ini. Sehingga saya beranikan untuk menuliskan tutorial mengatasi hp bb 9300 di cas baterai silang ini. Ya tentu saja harapan saya dapat membantu agan-agan semua yang memang membutuhkan tutorial ini.

Blackberry 9300 Dicas Baterai Silang

Dan sepertinya memang sudah tidak perlu panjang kali lebar lagi. Untuk agan yang butuh tutorialnya bisa langsung baca dengan seksama ulasan berikut ini ya.

Kerusakan:

  • Cuma nyala LED indikator dan jika dicas muncul tanda pengisian, namun hanya selang beberapa detik saja kemudian muncul batrai silang.
Hemm langsung saja kita menuju ke tahap analisa dan juga solusi.

Sebelum melakukan langkah-langkah dibawah, coba ganti baterai terlebih dahulu ya gan. Biasanya done dengan ganti baterai.

Analisa dan Solusi:

  1. Sambil injek tegangan, kemudian raba bagian yang pana. Ternyata terdeteksi di area sinyal.
  2. Panas menyengat sangat terasa di L221 (VBAT_RF_F). Jika menggunakan logika, komponen L (loop) tidak mungkin short sebab justru komponen ini berfungsi sebagai penghubung. Jika boleh saya beramsumsi kemungkinan komponen ini hanya mendapatkan imbas dari komponen lain yang short.
  3. Lanjut saya cabut C549, L505, C330 dan hasilnya tetap sama, short full VBAT_RF.
  4. Langsung cabut U207 dan ternyata hasilnya juga tetap sama.
  5. Setelah menganalisa lebih lanjut, ternyata penyebab short VBAT_RF adalah U203.
  6. Berhubung kanibalan yang ada cuma Blackberry 9000, cari persamaan IC nya sepertinya sama dengan U208. (Maaf cuma berdasarkan tata letak kaki nya tanpa memperhitungkan IN & OUT pada IC nya).
CATATAN! Tentu saja tanpa pemasangan IC ini HP akan tetap nyala, tetapi dampaknya berhubungan dengan sinyal. Untuk itu sangat penting untuk mengganti part ini. Mohon dikoreksi jika terjadi kekeliruan dalam menganalisa.

Proses eksekusi U203

Skematik U208 Balckberry 9000
Skematik U203 Blackberry 9300
Cabutan BB 9000
Proses pemasangan U203 dari CABUTAN Blackberry 9000 (U208)

Demikian artikel yang dapat saya bahas kali ini. Semoga bermanfaat ya gan.

Komentar