Flash Oppo Yoyo R2001 via SP Flashtool Kurang Dari 10 Menit

Cara Flash Oppo Yoyo R2001 via SP Flashtool (Tested) ini akan saya bagikan kepada agan-agan semua yang memang saat ini sedang membutuhkan tutorial ini.

Tujuan pertama dibuat tutorial ini memang untuk dokumen saya pribadi dan yang kedua adalah untuk saling berbagi kepada agan-agan semua pengunjung blog RickyFlash.

Flashing sendiri merupakan sebuah langkah final untuk mengatasi berbagai masalah atau problem pada software.

Tak terkecuali untuk Oppo Yoyo R2001 ini juga dapat diatasi menggunakan langkah flashing kali ini jika memang terdapat kendala pada software.

Flash Oppo Yoyo R2001 via SP Flashtool Kurang Dari 10 Menit

Biasanya problem yang paling sering terjadi pada sebuah software smartphone adalah bootloop (stuck di logo), ponsel hanya getar saat dihidupkan, hardbrick/matot, lupa pola/sandi, ponsel terserang virus/malware, ponsel lemot, aplikasi sering menutup dengan sendirinya, dan sebagainya.

Sebenarnya untuk mengatasi problem-problem seperti diatas ini juga dapat diatasi dengan cara yang cukup mudah terlebih dahulu seperti, factory reset ataupun hard reset.

Namun jika memang sudah tidak dapat diatasi dengan kedua cara diatas, maka solusi terakhirnya ya flashing itu tadi lah.

Baiklah bagi agan yang sudah cukup penasaran dengan bagaimana cara flash Oppo Yoyo R2001. Yuk simak uraian berikut ini.

Cara Flash Oppo Yoyo R2001 via SP Flashtool

Untuk tutorial kali ini saya akan menggunakan sebuah software yang menurut saya ampuh untuk flashing hp jenis Mediatek seperti Oppo Yoyo R2001 ini yaitu, flashtool.

Nah sama seperti proses flashing pada android yang lain. Untuk melakukan flashing ini ada beberapa bahan yang harus agan persiapkan terlebih dahulu.

Bahan Flashing Oppo Yoyo R2001

  1. Download SP Flashtool Terbaru
  2. Download All MTK USB Driver
  3. Download Firmware Oppo Yoyo R2001
  4. Siapkan PC/komputer Windows
  5. Siapkan kabel USB yang masih bagus
  6. Backup data jika ponsel masih bisa digunakan (dalam artian tidak bootloop/matot)

Tutorial Flashing Oppo Yoyo R2001

  • Langkah awal silahkan agan download ketiga bahan di atas yang terdiri dari SP Flashtol, Driver dan Firmware Oppo Yoyo R2001.
  • Kemudian ekstrak semua bahan yang telah didownload.
  • Dan ingat, jangan lupa install USB Driver MTK pada PC/komputer agan.
  • Setelah itu silahkan buka folder hasil ekstrakan SP Flashtool dan cari file “flash_tool.exe” kemudian buka dengan cara klik kanan lalu pilih “Run as Administrator”.
  • Masuk ke langkah Setelah flashtool terbuka, tampilannya seperti di bawah ini. Langsung saja klik “Download Agent”.
  • Nah langkah selanjutnya adalah silahkan arahkan ke folder hasil ekstrak SP Flashtool dan cari file “MTK_AllInOne_DA.bin”. Kemudian klik “Open”.
  • Setelah itu langsung saja agan klik di “Scatter-Loading” kemudian masuk ke folder firmware dan cari file dengan nama “MT6582_Andorid_scatter.txt”. Kemudian klik “Open”.
  • Tunggu beberapa saat sampai file scatter berhasil dimuat.
  • Cara flash Oppo Yoyo R2001 selanjutnya yang harus agan bisa lakukan yaitu centang pada UBOOT kemudian lakukan klik di area kosong pada kolom “Location”, lalu isikan dengan file “LK” dimana file ini ada di dalam folder firmware yang sudah di extract sebelumnya.
  • Selanjutnya centang juga pada opsi USRDATA dan klik pada area kosong di kolom “Location” tersebut, lalu arahkan ke folder hasil ekstrak firmware dan cari file “userdata_nvram_only.ext4.tar”.
  • Setelah itu agan bisa klik “Download” untuk memulai flashing.
  • Kemudian agan bisa mematikan smartphone agan, kemudian sambungkan smartphone tersebut ke PC.
  • Tunggu sampai smartphone Oppo R2001 agan terdeteksi dan proses flashing tersebut akan berjalan dengan secara otomatis. Jika ponsel sulit terdeteksi oleh PC, cobalah tekan tombol Volume Atas (+) agar ponsel cepat terdeteksi.
  • Tunggu sampai proses flashing selesai. Flashing Oppo Yoyo R2001 akan selesai jika agan melihat tanda centang Download OK.
  • Done
Bagaimana gan sangat mudah bukan caranya.

Note! Flashing sendiri meruapakan sebuah tindakan yang cukup beresiko terhadap smartphone. Jika salah jalan dapat menyebabkan hp mati total. Jadi sangat saya sarankan bagi agan yang memang ragu silahkan bawa saja hp nya ke teknisi terdekat.

Segala resiko yang akan terjadi setelah mengikuti tutorial ini adalah sepenuhnya ditanggung oleh masing-masing pihak ya. Sebab disini saya hanya memberikan tutorial yang sudah work di hp yang saya pegang.

Komentar