Cara Mengatasi HP Kecebur Air Paling Mudah dan Simple

Cara Mengatasi HP Kecebur Air - Yang satu ini terkadang membuat banyak orang langsung panik tidak karuan saat tidak sengaja menjatuhkan hp nya kedalam kubangan air. Untuk itu disini saya akan memberikan beberapa tips untuk agan-agan semua yang mengalami problem hp nya masuk ke air.

Sebuah perangkat elektronik yang mengandung listrik memang sangat rentan jika terkena air. Bisa menyebabkan korsleting ke beberapa komponen hp seperti dioda, resistor, jalur-jalur lilitan dan hardware lainnya.

Hal ini disebabkan karena airan air terkena aluran listrik yang berasal dari baterai smartphone tersebut. Maka tidak heran jika ada beberapa kasus hp masuk air langsung matot. Ya karna short atau konslet itu tadi lah.

Cara Mengatasi HP Kecebur Air Paling Simple dan Mudah

Nah untuk agan yang saat ini sedang mengalami problem serupa seperti apa yang sudah tertera pada judul diatas. Silahkan simak artikel berikut ini.

Cara Mengatasi HP Kecebur Air Paling Simple dan Mudah

Ada beberapa cara yang dapat agan lakukan untuk mengatasi hp masuk air. Dan berikut adalah ulasan dari beberapa pengalaman pribadi saya sendiri selama mendapati kasus seperti ini.

1. Matikan HP dan Langsung Lepaskan Baterai HP

Seperti sudah sedikit saya singgung diatas. Baterai merupakan sebuah komponen yang berfungsi untuk mengalirkan aliran listrik sehingga hp dapat menyala. Nah karena air memang sangat sensitif dengan listrik. Untuk itu segera lepaskan baterai pada HP Agan untuk menghindari konslet atau shor ke komponen penting pada HP.

Jika baterai HP agan merupakan baterai tanam, dan agan tidak yakin bisa melepasnya. Saran saya lihat tutorial di youtube tentang cara melepas baterai tanam sesuai type hp agan. Atau langsung bawa ke tukang service terdekat.

2. Buka Kesing HP

Hal ini juga perlu hati-hati. Terlebih untuk smartphone yang menggunakan baterai tanam. Jika tidak yakin bisa melepasnya langsung tonton tutorial di youtube tentang cara buka kesing hp baterai tanam. Jika memang tidak yakin, bawa ke tukang service.

3. Bersihkan Mesin dengan Cairan Tiner

Ketika agan sudah berhasil membuka kesing hp. Silahkan agan bersihkan mesin hp dengan menggunkan cairan tiner.

Caranya: Silahkan gunakan sikat gigi kemudian basahi dengan tiner. Lalu secara perlahan sikatkan pada bagian mesin hp yang terjebur air tadi. Ulangi hingga semua bagian mesin tersikat dan bersih degan sempurna.

4. Keringkan Mesin HP

Agan bisa mengeringkan dengan cara mengelap secara perlahan. Atau agan bisa masukan kedalam beras selama kurang lebih 2 jam. Jika dirasa sudah kering, mari menuju ke cara berikutnya.

5. Rakit Kembali HP dan Coba Hidupkan

Setelah melalui ke empat tahapan diatas, silahkan agan rakit kembali HP seperti sedia kala. Kemudian coba agankan hidupkan. Dan sampai disini seharusnya HP sudah dapat hidup kembali.

Adapun kerusakan lain setelah hp terjebur air adalah sebagai berikut.

LCD dan Layar Sentuh
Biasanya LCD dan Layar sentuh ini paling rawan saat hp terjebur air. Bisa jadi layar LCD menjadi putih, terkena bekar air, layar sentuh tidak berfungsi. Solusinya adalah, ganti! Silahkan bawa ke tukang service terdekat.

IC Power
Nah yang satu ini juga sering terjadi. Meskipun sudah melalui ke 5 tahapan diatas dan saat hp dihidupkan ternyata masih tidak mau menyala. Biasanya IC ini yang K.O. Solusinya sama, silahkan bawa ke tukang service.

Demikian sedikit artikel dari saya hari ini tentang Cara Mengatasi HP Kecebur Air Paling Simple dan Mudah. Semoga memiliki manfaat yang berarti bagi agan-agan semua.

Komentar