Mengatasi Samsung GT-S5282 (Lampu Layar Tidak Nyala) Sukses

Samsung GT-S5282 Lampu Layar Tidak Nyala - Yuhu masuk lagi gan servisan ke konter dengan kondisi hp pingsan tak sadarkan diri atau terpejam untuk sementara. Kasus kali ini sering kali terjadi memang, dimana lampu lcd tidak menyala, padahal lcd bisa dikatakan masih oke.

Namun yang masuk kali ini adalah samsung gt-s5282 dengan kondisi lampu lcd mati dan lcdnya pun pecah. Kemudian sudah saya ganti lcd namun layar pada lcd masih tetap mati atau tidak menyala. Hemm kalau diceritakan lumaya bikin pusing dan sedikit membangkitkan emosi gan.

Selidik demi selidik saya lakukan dan akhirnya pun sukses. Hp kembali nyala seperti sedia kala. Rasa kesal dan emosi terbayarkan dengan rasa puas dan tambah lagi pengalaman. Langsung saja ikuti analisa dan solusi berikut gan.

Analisa dan Solusi:
  • Dapat kasus Samsung GT-S5282 masuk servis dalam kondisi tidak nyala lampu layar dan juga kondisi LCD sudah pecah.
  • Kemudian coba saya ganti LCDnya dong, secara logika masuk akal dong diganti LCD
  • Ternyata setelah ganti LCD hasilnya lampu layarnya mati, namun lcd hidup.
  • Oke saya rasa LCD baru saya bermasalah.
  • Kemudian coba gonta-ganti LCD hasilnya tetap sama.
  • Coba beranalisa sambil menebak kira-kira interfase lampu ada dimana, dan akhirnya ketemu juga.
  • Ternyata ada yang mencurigakan, VBAT yang seharusnya masuk ke regulator lampu tidak keluar sama sekali. Seharusnya dari VBAT inilah yang nantinya diolah untuk membangkitkan tegangan lampu (lebih dari 17V).

Maaf cuma bisa menebak, karena tanpa panduan skema.
Darimana tau letak regulator lampunya? berdasarkan struktur komponen penyusunnya.
Solusinya, tinggal ganti Fuse Loop, yang kelihatan terpasang tetapi pada kenyataannya putus.
Disini saya gunakan Fuse Loop dari persamaan kanibalan Nokia 1280.
SUKSES.

Baca Juga:


Perhatikan gambar dibawah:




Semoga anlisa ini dapat memberikan sedikit pencerahan bagi agan-agan semua.

Komentar