Flash Oppo F1S A1601 via SP Flashtool (Tested)

Tutorial Flash Oppo F1S A1601 via SP Flashtool - Sebenarnya ada banyak cara untuk melakukan flashing Oppo F1S ini, salah satunya adalah dengan cara flash oppo f1s via recoverry (tanpa pc). Namun dikesempatan kali ini saya akan membagikan cara flashnya via pc menggunakan SP Flashtool.

Sedangkan untuk pembahasan flash tanpa pc mungkin akan saya bahas dilain waktu ya gan. Untuk itu silahkan agan ikuti saja dulu tutorial yang ada saat ini.

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap ponsel lama kelamaan akan memiliki problem entah itu di hardware ataupun softwarenya.

Seperti kebanyakan permasalahan software misalnya, Oppo F1S bootloop, mati total, hanya getar saja, Oppo F1S lupa pola/kata sandi kunci layar, lemot, aplikasi sering force closed, brick, hang logo, dan lain sebagainya.

Untuk masalah software diatas masih dapat diatasi dengan cara melakukan install ulang atau yang akrab kita kenal adalah flashing.

Flash Oppo F1S A1601 dengan PC (via SP Flashtool)

Seperti biasa sebelum melakukan flashing ada beberapa hal yang agan persiapkan.

Persiapan Flashing Oppo F1S A1601

  1. Persiapan pertama yang perulu agan lakukan adalah melakukan backup data terlebih dahulu. Backup ini tidak bisa dilakukan bagi Agan yang kehilangan akses untuk masuk ke smartphone (misalnya bootloop atau mati total).
  2. Kemudian pastikan baterai ponsel tidak boleh kurang dari 50%. Jadi sebelum melakukan flashing, isi daya baterai dulu agar nantinya proses flashing tidak gagal karena baterai drop.
  3. Step berikutnya silahkan agan siapkan perangkat pendukung seperti PC/Laptop Windows dan kabel USB.
Download juga bahan untuk flashing oppo f1s a1601 dibawah ini:
  • Pertama silahkan download ketiga bahan di atas yang terdiri dari driver, flashtool dan firmware Oppo F1S A1601.
  • Setelah semua sudah siap, silahkan extract semua file tersebut.
  • Instal driver pada PC/komputer anda.
  • Selanjutnya buka folder hasil ekstrak SP Flashtool, cari file “flash_tool.exe” dan buka dengan cara klik kanan kemudian pilih Run as Administrator.
  • Jika SP Flashtool nya sudah terbuka, tampilannya akan seperti di bawah ini.
  • Silahkan langsung klik Scatter-loading dan cari file “MT65xx_Android_scatter” lalu klik Open.
  • Setelah file scatter berhasil dimuat, langkah selanjutnya Anda harus menghilangkan tanda centang di bagian PRELOADER dan UBOOT  (jika hanya lupa pola). Tapi jika ponsel mati total, silahkan centang semua opsi.
  • Kemudian tekan tombol “Download” untuk memulai flashing.
  • Selanjutnya Anda bisa menghubungkan smartphone dengan komputer. Yang harus Anda lakukan di sini adalah gunakanlah kabel USB yang asli untuk meminimkan risiko yang bisa terjadi akibat penggunaan USB yang buka bawaan smartphone.
  • Saat menghubungkan ke PC ini, pastikan ponsel Oppo F1S dalam keadaan mati dan hubungkan ke PC sambil tekan tombol volume atas (+).
  • Tunggu sampai perangkat Anda terdeteksi di SP Flashtool, jika tidak terdeteksi cobalah untuk memutuskan USB dan menghubungkannya kembali. Jika masih tidak terdeteksi, coba cek apakah MTK USB driver sudah terinstall atau belum.
  • Setelah perangkat terdeteksi, SP Flashtool akan melakukan flashing terhadap smartphone Anda. Di jendela layar PC akan terlihat proses flashing yang sudah berjalan.
  • Tunggu sampai prosesnya menjadi 100%. Tanda proses flashing yang selesai Anda akan melihat tanda centang warna hijau dengan tulisan Download OK.
  • Meski proses sudah berjalan 100% namun jika tanda ini tidak muncul tandanya proses belum benar-benar selesai. Barulah saat tanda tersebut muncul Anda bisa melepaskan kabel USB kemudian nyalakan smartphone Anda.
  • Setelah proses flashing selesai smartphone akan melakukan booting ulang. Proses booting ulang ini akan memakan waktu yang cukup lama sehingga pastikan baterai masih mencukupi dan tidak low.
Demikianlah cara flash oppo f1s a1601 yang dapat saya berikan untuk agan. Semoga dapat memecahkan problem agan ya.

Komentar