Replace eMCP Samsung GT-S7270 Sukses

Replace eMCP Samsung GT-S7270 - Halo agan-agan semua dimanapun agan berada, bagaimana ni kabar agan-agan semua? Semoga tetap dalam keadaan ya sehat dan selalu dimudahkan jalan rezekinya ya, amin. Kembali kita akan bermain-main dengan sebuah hp Samsung GT-S7270 yakni melakukan Replace eMCP.

Hp ini dibawa user masuk ke konter dalam keadaan mati total. Awalnya saya berpikir ah mungkin cuma kerusakan pada software atau kehabisan baterai saja. Mungkin dengan flash atau tembak baterai via PS sudah kelar.

Saya sudah melakukan proses flashing hasilnya nihin, melakukan tembak baterai hp juga masih belum menyala. Dan yang terakhir coba saya ganti lcd dengan lcd baru, ternyata hasilnya pun masih tetap sama yakni dalam kondisi matot.

Alhasil saya lakukan pengecekan lebih lanjut lagi terhadap hardware di hp yang satu ini. Nah agan mau tau bagaimana keseruannya? yuk simak artikel berikut:

Ganti eMCP Samsung GT-S7270

Berikut ini adalah uraian dari penelusuran demi penelusuran yang akhirnya mendapat titik cerah sehingga hp berhasil menyala dengan normal kembali.

Kerusakan:
  • HP dalam Kondisi Mati Total (Matot)

Analisa:
  • Saya coba untuk melakukan cek terhadap asupan arus listrik saat tekan switch on off, ternyata ampere gantung sekitar 0.06A-0.08A.
  • Kemudian coba saya cabut eMCP dengan harapan bisa melakukan Update eMMC FW, ternyata failed dengan keterangan kode eMCP bawaan yang digunakan adalah KMK5X.
Proses cabut eMCP (KMK5X)
Proses penggantian eMCP KMKJS
  • Kemudian pasang eMCP, dan coba tes nyalakan jika OK, lanjut ke tahap full flash via odin.
  • Nah disini firmware yang saya gunakan adalah S7270XXUANA2_OXEANA3 (JB v4.2.2).
  • Lanjutkan lagi dengan firmware single file untuk Bahasa Indonesianya dengan kode XSE-S7270XXUANA2-20140219150314.
  • Silahkan cari di google firmware diatas.
hasil akhir (imei masih ada)
hasil akhir (hp menyala dengan real ram 1gb)
Catatan:
Jika menggunakan eMCP lain bisa lihat petunjuk cid yang kompatibel di dalam file backupan dump diatas.
Demikianlah sedikit artikel tentang Replace eMCP Samsung GT-S7270 Sukses dari saya. Mudah-mudahan dapat agan ambil manfaatnya ya gan. Salam.

Komentar