Cara Flash HP Samsung All Type Via PC dan Tanpa PC

Halo agan semua dimana agan berada saat ini. Bagaimana kabar agan semuanya? Semoga tetap dalam keadaan sehat dan juga selalu dimudahkan segala urusannya ya ,amin. Dikesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial Cara Flash HP Samsung semua tipe untuk agan-agan semuanya.

Flashing sendiri biasanya dilakukan karena beberapa faktor. Seperti mengatasi bootloop, lupa pola, lupa pin atau sekedar hanya ingin melakukan update ke versi Android yang lebih baru.


Untuk proses flash hp samsung sendiri memang bisa dibilang susah-susah gampang. Ada beberapa kasus setelah melakukan flashing hp menjadi lebih enteng, kembali semperti baru bahkan ada pula yang justru menjadikan hp samsung matot.

Untuk itu saya sarankan bagi agan yang memang belum benar-benar yakin untuk melakukan flash hp samsung agan, alangkah lebih baiknya agan serahkan kepada orang yang memang sudah menguasai hal soal flashing hp.

Namun jika agan memang ingin mencoba sendiri juga tidak masalah. Dengan catatan semua menjadi tanggung jawab agan pribadi ya. Entah hpnya menjadi normal, bootloop atau bahkan matot (mati total).

Cara Flash Hp Samsung Semua Type

Berbicara tentang flash hp android mungkin akan ada pertanyaan yang menuju pada, emang apa si fungsi dan manfaat dari flash hp?

Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut saya sudah menyediakan kutipan jawaban untuk pertanyaan tersebut.

Manfaat Flash Handphone (HP)

  • Mengembalikan handphone ke keadaan semula.
  • Menghilangkan error pada handphone seperti (restart sendiri, sering macet/lag, booloop, lupa pula, lupa pin, melegakan internal memori dan ram, dan mengatasi masalah software lainnya)
Untuk melakukan flash smartphone samsung sendiri ada beberapa cara yang dapat agan lakukan. Agan bisa memanfaatkan PC/Laptop, atau jika agan tidak punya kedua perangkat tersebut agan juga bisa flash samsung samsung tanpa pc kok.

Nah untuk itulah disini saya akan memberikan kedua cara tentang cara flash samsung via pc dan tanpa pc. Simak baik-baik ya gan.

Persiapan Sebelum Flash Hp

  1. Backup file yang ada dalam handphone ke pc atau SD Card, anda bisa membackup file menggunakan software Kies.
  2. Siapkan handphone samsung yang akan di flash, baterai minimal 30%.
  3. Kabel data.
  4. PC/Laptop.
  5. Samsung USB Driver, cari di google dengan mengetikkan samsung usb driver official site. Nanti anda akan mendapatkan versi terbaru jika anda mendownload software tersebut di situs resminya.
  6. Download firmware tipe handphone samsung milik anda di Sammobile.com atau samsung-firmware.org.
  7. Software flash pc, saya rekomendasikan Odin.

Cara Flash Hp Samsung Via PC

  • Download Firmware Samsung sesuai tipe hp agan
  • Install samsung usb driver
  • Isntall Odin di PC/Laptop agan, kemudian buka Odin
  • Matikan HP Samsung agan, kemudian sialahkan agan nyalakan kembali dengan kombinasi tombol Power + Home + Volume Bawah secara bersamaan. Cara ini digunakan untuk masuk ke mode download firmware handphone samsung anda.
  • Kemudian klik AP pada menu Odin dan cari file firmware yang sudah didownload tadi, usahakan file tadi udah di extract ya. Cari file firmwarenya (ekstensi tar.md5)
  • Hubungkan HP dengan PC menggunakan kabel data
  • Jika HP berhasil terhubung ke PC maka akan terlihat pada odin seperti gambar dibawah ini
  • Namun jika tidak ada keterangan seperti gambar diatas yang saya kotaki merah, maka berarti HP agan belum terdeteksi. Silahkan ganti kabel data atau install ulang drivernya
  • Jika sudah berhasil terhubung silahkan agan klik START, kemudian silahkan tunggu proses flashing sedang berjalan
  • Jika flash berhasil maka akan ada tulisan "PASS" pada Odin dan ponsel akan otomatis restart sendiri
  • Selesai
Jika gagal, mungkin bisa coba solusi dibawah ini:
  1. Coba versi Odin yang lain
  2. Ganti kabel data, usahakan yang original atau asli milik ponsel tersebut
  3. Cari firmware lain dan pastikan sesuai dengan tipe ponsel Samsung agan
Diatas adalah proses flash smartphone samsung menggunakan pc. Dan dibawah ini adalah proses flash tanpa PC.

Cara Flash HP Samsung Tanpa PC

  • Backup file penting dalam memori telepon terlebih dahulu.
  • Simpan firmware/custom rom hasil download ke kartu memori/SD card. Simpan di direktori awal atau tidak usah dimasukkan ke folder manapun. Ingat, firmware yang dimasukkan masih dalam bentuk .Zip atau .Rar tidak usah di esktrak.
  • Masukkan kartu memori ke slot di handphone samsung anda kemudian nyalakan handphone ke dalam mode recovery dengan menekan tombol Power + Volume Bawah + Home secara bersamaan.
  • Masuk ke menu Wipe data/factory reset, kemudian pilih yes.
  • Setelah itu kembali ke menu awal dan pilih Instal zip from sd card, cari dan pilih file firmware di sd card anda yang sebelumnya telah disimpan.
  • Klik yes, dan tunggu proses flashing selesai. Jika sudah selesai maka handphone samsung anda akan reboot/restart dengan sendirinya.
  • Selamat, proses flashing handphone tanpa pc berhasil agan lakukan

Demikianlah artikel tentang cara flash HP Samsung Semua Type dari saya. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi agan-agan yang membacanya ya 

Komentar